Peneliti menghabiskan waktu 20 tahun untuk mengembangkan buah apel yang diklaim sebagai apel terbaik di dunia. Apel tersebut bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dalam keadaan tetap segar.

Peneliti menghabiskan waktu 20 tahun untuk mengembangkan buah apel yang diklaim sebagai apel terbaik di dunia. Apel tersebut bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dalam keadaan tetap segar. Kabar baiknya lagi, apel ini bukan hasil modifikasi genetik.

Apel yang saat ini dikenal dengan nama Apel varietas RS103-130 akan tetap renyah dan segar selama 14 hari jika ditaruh dalam suhu ruang. Tapi jika disimpan dalam lemari pendingin, apel tersebut bisa tahan hingga berbulan-bulan.

Umumnya, buah-buahan hanya tahan beberapa hari karena adanya proses deteriorisasi yang membuat buah mengalami penurunan kualitas. Selama proses deteriorasi, daging buah akan kehilangan tekstur, aroma maupun warna aslinya. Tapi apel varietas baru ini ternyata mengalami proses deteriorasi dengan sangat lambat, yang membuatnya tetap segar meski sudah berminggu-minggu.

Rahasia apel dengan umur panjang itu bukan karena teknik modifikasi gen, tapi karena gen yang berasal dari Apel floribunda di kawasan Asia. Apel ini dikembangkan oleh para ahli dari Australia, yaitu di bawah pemerintah Queensland.

Tim Mulherin, seorang wakil dari pemerintahan Queensland mengatakan, pihaknya sedang mencari partner yang bisa mengkomersialisasikan apel tersebut yang rencananya akan hadir di pasaran tahun depan.

“Kelebihan Apel ini adalah Anda bisa menyimpannya di keranjang buah dan teksturnya akan tetap sama selama 14 hari penyimpanannya,” ujar Mulherin seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (11/10/2009).

Mulherin juga mengatakan bahwa apel varietas terbaru itu sangat manis serta tahan hama dan penyakit, jadi tidak perlu fungisida atau pestisida. “Bahkan apel ini juga lebih baik dibanding Apel Pink Lady yang merupakan Apel terbaik di Inggris,” tutur Mulherin.

Dr Simon Middleton, peneliti dari the Applethorpe Research Station sejak tahun 1980 mengatakan bahwa dirinya sangat terkesan dengan Apel varietas RS103-130 ini.

“Saat ini permintaan terhadap produk-produk tahan hama dan tidak memerlukan fungisida sangat tinggi. Ini kabar baik bagi mereka yang ingin sehat dan bebas bahan kimia,” kata Middleton.

SitusHijau.co.id, 10 November 2009